Piala AFF 2022 : Lolosnya Garuda Sebagai Runner Up

Piala AFF-skorbolaindonesia

Piala AFF 2022 : Lolosnya Garuda Sebagai Runner Up di Grup A Melawan Filipina

Hasil akhir dari Timnas Indonesia yang bisa menang dengan skor 1-2 kontra Filipina dalam laga pamungkas fase grup A Piala AFF 2022 pada hari Selasa, 2 Januari 2023. Timnas Indonesia sendiri telah berhasil lolos ke dalam babak semifinal Piala AFF 2022 melalui gol dari Dendy Sulistyawan beserta Marselino Ferdinan yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial.

 

Kemenangan dengan skor 1-2 telah membuat Indonesia untuk berhak masuk ke dalam babak semifinal. Thailand yang saat itu bersamaan menang dengan hasil skor 3-1 atas Kamboja juga berhak lolos sebagai juara dari Grup A sebab telah unggul selisih gol atas Indonesia.

 

Semua gol yang dicetak oleh Timnas Indonesia tersebut telah dicetak pada babak pertama pertandingan. Pemain Dendy Sulistyawan sendiri telah mencetak gol melalui sebuah sundulan buah umpan yang cukup khas dari Pratama Arhan dan lemparan pada menit ke 21.

 

Sedangkan Marselino Ferdinan sendiri telah mencetak gol yang cukup cantik melalui plessing ke dalam pojok kanan gawang Filipina pada menit ke 43. Gol dari balasan Filipina juga datang dari pemain pengganti, yakni Sebastian Rasmussen melalui sebuah sundulan pada menit ke 85.

 

Keunggulan dari Timnas Indonesia atas Filipina juga bertahan sampai dengan babak kedua berakhir. Sedangkan di pertandingan lain, Thailand juga telah unggul dengan hasil skor 2-1 saat melawan Kamboja.

 

Hasil tersebut juga telah menempatkan posisi pada Timnas Indonesia dalam menempatkan runner – up di klasemen Grup A Piala AFF 2022.

 

Walau menang, Tim nasional Indonesia kalah beda gol dari Thailand.

 

Jalannya Laga

Piala AFF 2022 : Lolosnya Garuda Sebagai Runner Up

Pelatih Tim nasional Indonesia yakni Shin Tae-yong banyak melakukan perputaran pemain di laga malam hari ini.

 

Shin Tae-yong menyimpan Egy Maulana Vikri dan Ilija Spasojevic. Dan Jordi sang bek naturalisasi Tim nasional Indonesia harus juga mangkir karena skorsing penumpukan kartu yang dirinya dapatkan.

 

Tempatnya diganti oleh Rizky Ridho yakni pemain muda Persebaya Surabaya. Pada set pertama Garuda juga terlihat sanggup untuk menguasai laga.

 

Saddil Ramdani juga sempat capai peluang pertama kali yang dengan berbuah tendangan sudut pada menit kedua.

 

Tim nasional Filipina juga melakukan dua serbuan balik yang sanggup berbuah tendangan sudut pada awal menit kelima.

 

Lima menit seterusnya permainan juga telah kembali dikuasai oleh pihak timnas Filipina. Nadeo Argawinata terlihat menjadi pemain Tim nasional Indonesia yang paling repot sampai pada waktu 10 menit laga.

Baca Juga:

Tim nasional Indonesia juga sering memainkan lambungan bola ke arah baris depan. Dan Tim nasional Filipina juga bermain dengan cukup berani dengan macam umpan di baris tengah.

 

Operan lambung dari tim nasional Indonesia juga telah sanggup diputus dengan gampangnya  dengan duet antara Jefferson Tabinas dan Amani Aguinaldo. Pada akhirnya Tim nasional Indonesia juga telah sanggup mencapai  jalan keluar di laga ini kali.

 

Garuda sanggup terlepas dari penekanan dan buat gol.

 

Gol terbentuk lewat tandukan kepala dari pemain bernama Dendy Sulistyawan buah umpan dari Pratama Arhan. Gol dengan hasil skor 0-1 untuk keunggulan Indonesia atas Filipina pada menit ke-21.

 

Sesudah gol itu Nadio Argawinata akhirnya mengalami cedera. Nadeo memang sering berjibaku untuk bisa menjaga gawang dalam laga ini. Syahrul Fadillah sang penjaga gawang Persikabo 1973 juga masuk ke lapangan untuk bisa menggantikan Nadeo pada menit ke-22. Sesudah gol pembuka, kondisi langsung kembali untuk Tim nasional Indonesia.

 

Garuda sanggup lebih dalam mengusai laga dan tampil lebih optimis. Dendy Sulistyawan juga sering menjadi jalan keluar bagi pasukan Tim nasional Indonesia. 

Kelihatannya Shin Tae-yong juga memiliki keputusan yang sangat tepat untuk bisa memasukkan dirinya pada laga kali ini.

kejuaraan aff

Gol tambahan juga telah dibuat oleh Marselino Ferdinan yaitu buah pancingan dari Saddil Ramdani pada menit ke-43. Marselino juga menempatkan bola plesing ke sudut kanan gawang Filipina. Hasil itu juga bertahan sampai set pertama usai.

 

Set ke-2 Filipina dan Tim nasional Indonesia juga tidak banyak mengubah taktik. Permainan Filipina juga gampang diredam oleh barisan pertahanan Garuda.

 

Egy Maulana Vikri dan Yakob Sayuri juga masuk untuk menggantikan Witan Sulaeman dan Saddil Ramdani pada menit ke-59. Egy juga sempat memperoleh kesempatan emas lewat umpan trobos Dendy Sulistyawan. Tetapi sepakannya masih meleset dari gawang Anthony Pinthus.

 

Penyelamatan dari Syahrul Fadillah telah tercipta atas tendangan volley yang berasal dari pemain filipina pada menit ke 78. Timnas Filipina sendiri berhasil menyusul atas gol dari adanya sundulan pemain berbadan tinggi, yakni Sebastian Beraque Rasmussen pada menit ke 83.

 

Timnas Indonesia sendiri telah merespon dengan pergantian pemain pada menit ke 85. Dendy Sulistyawan juga telah ditarik keluar dan diganti oleh Spasojevic. Sedangkan Marselino Ferdinan telah digantikan dengan tipikal gelandang lebih bertahan yaitu Rachmat Irianto.

 

Sampai dengan pada babak kedua berakhir Timnas Indonesia yang tidak bisa menambah suatu gol. Sehingga posisi Timnas Indonesia juga telah menempati posisi sebagai runner –  up dalam grup A di Piala AFF 2022.

 

Timnas Indonesia sendiri telah kalah sebanyak dua selisih gol.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *