Beberapa Kesalahan Luis Enrique Yang Membuat Spanyol Disingkirkan Maroko di Piala Dunia 2022

skorbolaindonesia – Timnas Spanyol kalah di babak 16 besar Piala Dunia 2022. La Roja kalah dari Maroko pada laga dini hari Selasa (11/7/2022) malam. Kegagalan Spanyol tentu tak lepas dari sosok pelatih Luis Enrique.

Laga antara Maroko dan Spanyol yang digelar di Education City Stadium, kedua tim gagal mencetak gol di waktu reguler, dan pertandingan memasuki perpanjangan waktu dengan hasil imbang tanpa gol.

Pada akhirnya, Maroko memenangkan pertandingan 3-0 melalui adu penalti. Maroko berhasil dalam 3 dari 4 tendangan penalti awal. Sementara itu, tiga penendang penalti terbaik Spanyol, termasuk kapten Sergio Busquets, gagal.

Tentu saja, kegagalan Spanyol lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2022 mendapat perhatian lebih, karena mereka tampil sangat baik di babak pembuka penyisihan grup, mengalahkan Kosta Rika 7-1. Jadi, apa yang terjadi dengan Spanyol?

Cadangan Morata

Alvaro Morata masuk dari bangku cadangan melawan Maroko. Morata masuk menggantikan Asensio pada menit ke-63. Padahal, performa Morata di fase grup masih bagus.

Morata mencetak gol di ketiga pertandingan grup dan sepatutnya menjadi starter.

Apalagi melihat gaya permainan defensif Maroko, Morata menjadi pilihan, perlawanan sundulan Morata lebih kuat, dan Morata juga pandai mencari celah dengan pergerakan sederhana di area penalti lawan.

Pilihan starting XI

Enrique melakukan beberapa perubahan pada starting XI melawan Maroko. Marcos Llorente masuk sejak beberapa menit pertama. Pada pertandingan sebelumnya, posisi bek kanan sudah dirotasi oleh Azpilicueta dan Carvajal.

Sejak beberapa menit pertama, Enrique juga terus memainkan Ferran Torres. Terlepas dari dua gol dan penampilan bagus melawan Kosta Rika, penampilan Torres melawan Jerman dan Jepang mengecewakan.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, yang terpenting tentu saja Alvaro Morata. Enrique lebih suka menggunakan “sembilan palsu” Marco Asensio di depan. Rencananya tidak berhasil.

Melawan Maroko itu hampir menjadi duel melawan Jepang untuk Spanyol, yang berjuang untuk menemukan opsi di depan, tetapi pergantian pemain Enrique tidak banyak berpengaruh.

Saat Spanyol kesulitan, opsi pertama yang dipilih Enrique adalah memainkan Nico Williams. Berikutnya adalah Ansu Fati. Keduanya adalah pemain sayap. Enrique juga selalu menggantikan Ferran Torres, Garvey dan Jordi Albara.

Di saat yang sama, dari segi gaya bermain, Enrique tidak banyak berubah, Spanyol akan tetap bermain di sayap, berharap bisa memberikan permainan penuh pada kemampuan pribadi sang pemain.

serangan minimum menengah

Spanyol memiliki serangan paling sedikit di tengah (27%). Menurut Whoscored, Spanyol paling sering menyerang dari sisi kiri (38%). Kemudian sisi kanan (35%).

Pedri yang diharapkan menjadi kekuatan utama serangan tengah Spanyol tidak berdaya, dan Garvey belum cukup dewasa untuk bermain di laga penting melawan Maroko.

Padahal, Spanyol memiliki Koke sebagai opsi untuk memperkuat lini tengah, namun kapten Atletico tersebut jelas bukan pemain impian Enrique.

Pilihan Pelaksana

Enrique mengakui menjelang pertandingan bahwa dia siap untuk adu penalti Spanyol. Enrique membiarkan para pemain berlatih tendangan penalti secara eksklusif. Namun, hasilnya tetap saja kekalahan Spanyol.

Pada menit ke-188, Enrique menggantikan Sarabia. Pemain berusia 30 tahun itu siap menjadi eksekutor adu penalti. Sarabia menjadi eksekutor pertama Spanyol, namun gagal.

Enrique sebenarnya punya Morata yang bisa mengambil penalti. Namun, Morata tidak termasuk dalam tiga pemain teratas. Selain itu, Pedri juga bisa masuk daftar start.

Piala Dunia 2022 merupakan lanjutan dari Enrique pasca Piala Eropa 2020 yang mendatangkan banyak pemain muda, namun tidak semua pemain yang didatangkan berada dalam kondisi terbaiknya.

Jeremy Pinault, Danny Olmo dan Ansu Fati masih berusaha mendapatkan performa terbaiknya untuk musim 2022/2023. Selain itu, Ferran – Torres bukanlah pilihan utama Barcelona. Hal yang sama berlaku untuk Pablo Sarabia dari PSG.

Di sisi lain, ada beberapa pemain yang tampil bagus namun tidak masuk daftar. Tiga nama menonjol, yakni David de Gea, Sergio Ramos, dan Thiago. Namun, ada Bryce Mendes, Iago Aspas, dan Mikel Merino yang tidak dilirik oleh Enrique.

Spanyol harus menerima kenyataan pahit tersingkir dari Piala Dunia 2022. Selasa (12 Juni 2022) tim asuhan Luis Enrique bermain imbang 0-0 melalui adu penalti setelah mengalahkan Maroko 0-0 di babak 16 besar, Selasa (12 Juni 2022) Jepang) kalah dari Maroko dengan selisih 3 poin.

Spanyol benar-benar mendominasi permainan dengan 73% penguasaan bola. Spanyol juga melepaskan 13 tembakan, namun hanya satu yang tepat sasaran.

Sayangnya, Spanyol gagal mencetak gol di perpanjangan waktu 120 menit waktu reguler.Dalam adu penalti, tidak ada satu pun dari tiga penembak penalti Spanyol yang mencetak gol.

banyak pihak yang mempertanyakan Spanyol

Sejak Piala Dunia 2022 belum digelar, banyak pihak yang mempertanyakan Spanyol. Pasalnya, Enrique dinilai banyak melakukan kesalahan dalam pemilihan pemain.

Rasa pesimis itu sirna dengan kemenangan 7-0 Spanyol atas Kosta Rika di laga pembuka mereka, ketika banyak yang menilai La Furia Roja sebagai penantang serius untuk merebut gelar.

Namun, rekor Spanyol di pertandingan-pertandingan selanjutnya menurun, pada puncaknya Spanyol kalah dari Maroko dalam adu penalti dan harus pulang lebih cepat dari Qatar.

Kini, kritik terhadap Enrique kembali.

Salah satu kejutan terbesar Enrique di Piala Dunia 2022 adalah absennya bek veteran Sergio Ramos, pemain yang paling banyak tampil di skuat La Furia Roja.

Musim ini, Ramos sebenarnya sudah sering bertandang ke pertahanan Paris Saint-Germain, performanya bisa dibilang bagus, namun Enrique punya pendapat orang lain.

Seperti yang kita semua tahu, Ramos pandai mencetak lemparan bebas.

Selain Ramos, kali ini Enrique juga memutuskan untuk tidak memanggil kiper Manchester United De Gea.

De Gea kehilangan tempatnya sebagai kiper pilihan

De Gea kehilangan tempatnya sebagai kiper pilihan pertama Spanyol usai Euro 2020 kemarin, dengan Unai Simon sebagai kiper pilihan pertama Enrique, disusul Roberto Sanchez dan David Leia.

Meski performa Unai Simon di Piala Dunia 2022 kali ini tidak bisa dikatakan buruk, namun jika De Gea ada, mungkin perjalanan Spanyol akan semakin jauh.

Seperti Ramos dan De Gea, Thiago tidak masuk dalam rencana Enrique, bahkan Thiago sudah tidak lagi menjadi gelandang andalan Spanyol sejak Piala Eropa 2020.

Thiago sudah lama absen dari Liverpool karena cedera musim ini, yang juga menjadi alasan terbesar mengapa Enrique tidak membawanya ke Qatar.

Keberadaan Thiago bisa membuat gelandang asal Spanyol itu lebih kreatif dalam menciptakan peluang, dan bisa menjadi pengganti yang mumpuni bagi gelandang utama Spanyol saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version