Ironis! Timnas Malaysia Gagal Di Piala Asia 2023 & Karmanya

Piala Merdeka

Penyebab Tim nasional Malaysia belum dapatkan musuh di Piala Merdeka 2023 memikat untuk dikulik. Aspek terpentingnya adalah keputusan dari pelatih Tim nasional Malaysia, Kim Pan-gon.

 

Ya, Liga Sepakbola Malaysia (FAM) sedang membuat kompetisi Piala Merdeka 2023. Team Negeri Jiran itu merencanakan mengundang tiga team di Piala Merdeka yang hendak diadakan pada Oktober 2023. skorbolaindonesia.com

 

Untuk peserta Piala Merdeka 2023, Malaysia mengundang satu tim dari Asia Barat dan dua tim dari Asia Tenggara. Team dari Asia Tenggara yang hendak mereka undang beritanya ialah Thailand dan Vietnam.

Tetapi sampai sekarang ini, Harimau Malaya yakni julukan Tim nasional Malaysia masih belum temukan rivalnya. Menurut FAM, siapa saja musuh Tim nasional Malaysia di kompetisi itu cuma akan ditetapkan oleh pelatih Tim nasional Indonesia, Kim Pan-gon.

 

Hal tersebut disentil Sekretaris Jenderal (Sekjen) FAM, Noor Azman Rahman. Menurut dia, sekarang ini, tidak ada undangan yang dikirimkan ke team mana saja untuk ikuti kompetisi itu, walau ada isu kebalikannya.

 

Awalnya, India sudah menyatakan kesediaannya untuk berperan serta dalam Piala Merdeka 2023. Tetapi pada akhirnya, keputusan itu terserah pada Kim Pan-gon untuk putuskan musuh yang mana ingin ditemui Harimau Malaya di kompetisi kelak.

 

“Mereka (India) sepakat, tetapi FAM belum mengonfirmasinya. Kami memang terbuka, tetapi untuk ini kami berikan ke kepala pelatih karena ia tentu mempunyai persyaratan yang kami harapkan untuk team musuh,” ungkapkan Noor Azman, dikutip dari Makan Bola, Sabtu (11/2/2023).

 

Sebagai info, kompetisi Piala Merdeka akhir kali dikerjakan pada 2013. Pada edisi 2023 ini, FAM merencanakan melangsungkan Piala Merdeka untuk penyiapan Tim nasional Malaysia hadapi Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026. skor bola indonesia

 

Kompetisi ini sudah diadakan sekitar 41 kali semenjak 1957, di mana Malaysia tampil jadi team paling sukses dengan 10 kali juara. Selanjutnya, ada Korea Selatan (7x) dan Myanmar (4x).

 

Satu – Satunya Negara Yang Gagal Masuk Piala Asia 2023

 

Nasib ironis Tim nasional Malaysia, salah satu negara hebat ASEAN (Asia Tenggara) yang tidak berhasil hadapi peserta Piala Asia 2023 di FIFA Matchday Maret 2023. Mencuplik dari Makan Bola, Malaysia akan hadapi Turkmenistan, team yang tidak berhasil maju ke Piala Asia 2023.

 

“Malaysia menantang Turkmenistan di Stadion Sultan Ibrahim pada Maret ini,” catat Media Malaysia, Makan Bola, dalam judul artikel yang mereka bikin.

 

(Timnas Malaysia akan hadapi Turkmenistan di FIFA Matchday Maret 2023)

 

Gagasannya, Malaysia saat ini masih cari satu musuh kembali untuk FIFA Matchday Maret 2023 yang diadakan pada 20-28 Maret 2023. Bila musuh yang didapatkan Malaysia bukan tim kuat, Harimau Malaya yakni julukan Malaysia juga terdaftar sebagai salah satu negara hebat Asia Tenggara yang tidak berhasil bertemu peserta Piala Asia 2023 di FIFA Matchday Maret 2023.

 

Kita awali ulas dari Tim nasional Indonesia. Gagasannya, tim Garuda akan melawan Bolivia dan Tajikistan. Bolivia sebagai team ranking 82 dunia yang dikenali sering melumpuhkan team-team kuat Amerika Selatan seperti Brasil dan Argentina.

 

Sementara Tajikistan, sebagai salah satunya peserta Piala Asia 2023. Negara asal Asia tengah ini menempati status 108 dunia.

 

Karenanya, bila Tim nasional Indonesia menang atas Bolivia dan Tajikistan, rangking FIFA Tim nasional Indonesia akan melesat mencolok. Sekarang ini, Tim nasional Indonesia tempati rangking 151 dunia.

 

Bagaimana dengan Thailand dan Vietnam yang dengan status team paling kuat di Asia Tenggara sekarang ini? Ke-2 nya bersama Singapura diundang Hong Kong tampil dalam suatu kompetisi pada Maret 2023.

 

(Thailand dan Vietnam tampil di Hong Kong pada FIFA Matchday Maret 2023)

 

Gagasannya, Hong Kong akan melangsungkan kompetisi mini yang dituruti Thailand, Singapura dan Vietnam di FIFA Matchday Maret 2023. Thailand automatic akan bertemu Hong Kong dan Vietnam yang dengan status peserta Piala Asia 2023.

 

Begitu halnya Vietnam, yang hendak temu Hong Kong dan Thailand, dua dari 24 peserta Piala Asia 2023. Karenanya, selama ini cuma Malaysia, salah satu negara hebat Asia Tenggara yang masih belum bertemu peserta Piala Asia 2023 di FIFA Matchday Maret 2023.

 

Deretan Karma Timnas Malaysia Yang Anggap Indonesia Belum Bisa Menjadi Standar Asia

 

Deretan karma Tim nasional Malaysia sesudah memandang Tim nasional Indonesia belum standard Asia akan dibahas kali ini. Awalnya Ketua Persaingan Liga Sepakbola Malaysia (FAM), Mohd Firdaus Mohamed, merencanakan mengundang Thailand dan Vietnam tampil di Piala Merdeka 2023 yang berjalan pada September 2023.

 

Mohd Firdaus Mohamed ingin mengundang Thailand dan Vietnam karena dalam penglihatannya, ke-2 negara tersebut telah masuk standard sepakbola Asia. Tidak dikatakannya nama Tim nasional Indonesia, memberikan indikasi jika Mohd Firdaus Mohamed belum melihat tim Garuda penuhi standard sepakbola Asia.

 

(Timnas Thailand menampik tampil di Piala Merdeka 2023)

 

“Saya individu menyaksikan dua team Asia Tenggara seperti Vietnam dan Thailand yang betul-betul punyai kualitas dan standard permainan di tingkat Asia,” kata Mohd Firdaus Mohamed mencuplik dari media Malaysia, Harian Metro, Jumat 20 Januari 2023.

 

Dalam saat yang bertepatan, Mohd Firdaus Mohamed menjelaskan FAM merencanakan mengundang salah satunya dari Suriah dan Palestina untuk tampil di Piala Merdeka 2023. Tetapi, perkataan Mohd Firdaus Mohamed justru jadi bumerang untuk FAM.

 

Karena, Thailand yang diundang menampik tampil di Piala Merdeka 2023. Argumennya karena pada September 2023, Thailand ingin melangsungkan Piala Raja 2023.

Baca Juga :

Luar biasanya pada Oktober 2023, Thailand akan memainkan pertandingan tandang ke Eropa. Tim bimbingan Alexandre Polking itu direncanakan hadapi Georgia (rangking 68 dunia) dan Estonia (109 dunia).

 

Dalam pada itu, Vietnam belum memberi tanggapan apa akan turun atau mungkin tidak di Piala Merdeka 2023. Vietnam mempunyai potensi menampik penawaran di atas, ingat umumnya mereka melangsungkan kompetisi sendiri pada September.

 

Karena mendapatkan penampikan disana sini, FAM pada akhirannya konsentrasi dekati India dan Palestina untuk ikut di Piala Merdeka 2023. Tidak sampai di sana kesusahan yang diterima FAM dan Tim nasional Malaysia.

 

Ketika team-team hebat Asia Tenggara telah mendapatkan dua musuh untuk FIFA Matchday Maret 2023, kesusahan cari musuh dirasakan Malaysia. Tim Harimau Malaya baru dijadwalkan berjumpa Turkmenistan di FIFA Matchday Maret 2023.

 

Turkmenistan juga bukan tim spesial, ingat mereka tidak berhasil maju ke Piala Asia 2023. Karenanya, akankah Malaysia memperoleh musuh yang “standar Asia” di FIFA Matchday Maret 2023?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version