Lionel Messi Tembak Sejarah Dalam Babak Final Piala Dunia 2022

skorbolaindonesia

Skorbolaindonesia – Lionel Messi telah menggoreskan banyak sekali rekor dalam ajang Piala Dunia 2022.  Saat ini dirinya juga telah berpotensi dalam menulis sejarah baru yang juga belum pernah dilakukan pada sebelumnya. Messi sendiri telah mencoba untuk menjadi pemain pertama yang berhasil dalam mencetak gol dalam setiap fase dalam babak gugur dalam satu edisi di ajang Piala Dunia. 

 

Sebelumnya, untuk sosok yang kini berusia 35 tahun tersebut telah merobek suatu gawang Australia dalam babak 16 besar, serta Belanda dalam babak 8 besar dan juga Kroasia dalam babak semifinal untuk bisa membawa Argentina masuk lolos ke dalam final Piala Dunia 2022.

 

Saat mencetak gol dalam melawan Kroasia yang berlangsung di Lusail Starium pada hari Rabu, 14 Desember 2022 dini hari WIB, dan Messi juga telah mengikuti jejak lima nama tersebut. Yakni mereka adalah Roberto Baggio (1994), Salvatore Schillaci (1990), Davor Suker (1998), Hristo Stoichkov (Bulgaria), serta Wesley Sneijder (2010).

 

Akan tetapi, para pendahulunya tersebut tak ada yang dapat menciptakan sebuah gol dalam babak final. Schillaci (Italia), Suker (Kroasia), Stoichkov (Bulgaria) tak memperoleh kesempatan sebab masing – masing negara juga takluk di semifinal.

 

Sementara untuk Baggio (Italia) serta Sneijder (Belanda) juga telah gagal dalam melanjutkan gol di final. Schillaci (Italia), Suker (Kroasia), Stoichkov (Bulgaria) juga tak memperoleh suatu kesempatan sebab masing – masing negara telah takluk di semifinal.

Baca Juga :

Sementara Baggio (Italia) serta Sneijder (Belanda) juga telah gagak dalam melanjutkan suatu performa. Dan keduanya tersebut bahkan sama – sama telah bernasib buruk serta telah menderita kekalahan dengan Baggio bahkan telah gagal menunaikan tugasnya sebagai Algojo dalam adu penalti. 

 

Saat ini Messi juga telah berharap bahwa tidak bernasib sama seperti Sneijder serta Baggio sambil memburu rekor yang unik tersebut pada laga puncak di ajang jadwal Piala Dunia 2022 Qatar.

 

Rekor Lain

 

Tak ada yang menduga bahwa Messi akan mempunyai peluang dalam menulis sejarah baru ini. Sebab, pemain Paris Saint – Germain tersebut sebelumnya telah gagal dalam menciptakan gol dalam babak gugur di ajang Piala Dunia. Dan sudah sebanyak delapan gol yan dihasilkan pada empat edisi sebelumnya juga telah hadir dalam fase grup.

 

Sekarang dengan tambahan tiga dalam babak gugur turnamen di Qatar, Messi juga telah menahbiskan diri sebagai top skor Argentina dalam ajang Piala Dunia. Mereka juga telah menggeser Gabriel Batistuta yang telah mendulang sebanyak 10 gol.

 

Tak hanya itu, Messi juga telah menyamakan legenda Jerman Lothar Matthaus sebagai seorang pemain dengan penampilan paling banyak di ajang Piala Dunia. Keduanya telah melakoni sebanyak 25 pertandingan dalam ajang turnamen sepak bola paling megah tersebut.

 

Itu artinya, Messi sendiri akan menyalip Matthaus ketika bermain di ajang final 2022 nanti.

 

Tak hanya itu, Messi sendiri telah mencatat rekor lain di Qatar. Dirinya juga telah berperan sebanyak 19 gol di Piala Dunia dengan memiliki rincian sebanyak 11 gol serta delapan assist untuk bisa sejajar dengan Miroslav Klose, Ronaldo Luiz Nazario da Lima serta Gerd Muller.

 

Rekor fantastis lainnya juga telah ditorehkan oleh Messi dalam laga lawan Kroasia yaitu menjadi pemain pertama sepanjang sejarah yang dapat mencetak gol serta assist pada satu pertandingan dalam ajang Piala Dunia sebanyak empat kali. Sebelum melawan Kroasia, Messi juga telah melakukannya saat melawan Belanda maupun meksiko di ajang Piala Dunia 2022 serta kala bersua dari Serbia dalam edisi 2006.

 

Final Piala Dunia Kedua

Final Piala Dunia 2022 akan menjadi suatu penampilan kedua bagi Messi dalam laga puncak turnamen tersebut. Sebelumnya, dirinya juga pernah merasakan main di ajang final Piala Dunia 2014. Namun sayangnya saat itu Argentina telah gagal menjadi juara.

 

Dan dalam laga pamungkas delapan tahun yang lalu, Argentina sendiri harus mengakui keunggulan Jerman dengan hasil skor 0-1 melalui gol tunggal Mario Gotze dalam extra time. Messi serta Angel di Maria pun saat itu telah bermain di Piala Dunia 2014.

 

Final Piala Dunia Yang Terakhir

Lionel Messi mengatakan final hari Minggu akan menjadi pertandingan Piala Dunia terakhir dalam karirnya.

 

Kapten Argentina, 35, menjadi bintang dalam kemenangan 3-0 timnya di semifinal melawan Kroasia pada Selasa malam, mencetak gol pembuka di Stadion Lusail sebelum membantu gol ketiga menyusul laju yang luar biasa.

 

Setelah itu, Messi mengkonfirmasi Piala Dunia kelimanya akan menjadi yang terakhir, saat ia berusaha untuk mengamankan hadiah sepak bola yang paling didambakan. Messi, pencetak gol terbanyak bersama di Qatar dengan lima gol, bertarung di final 2014, tetapi Argentina kalah dari Jerman.

 

“Saya sangat senang menyelesaikan perjalanan saya di Piala Dunia di final, untuk memainkan pertandingan terakhir di final,” kata Messi pada Selasa malam. “Itu benar-benar sangat memuaskan.

 

“Semua yang saya jalani di Piala Dunia ini sangat emosional, melihat betapa banyak hal itu dinikmati di Argentina.

 

Saya sendiri tak berpikir bahwa saya akan bisa melakukan hal tersebut. Untuk menyelesaikan dengan cara ini adalah suatu hal yang cukup brilian.”

 

Juara dua kali, Argentina akan menghadapi di final antara juara bertahan saat ini Prancis atau paket kejutan Maroko, yang saling berhadapan di Stadion Al Bayt pada Rabu.

 

Jika Messi memainkan laga pamungkas pada hari Minggu, dia akan menjadi pembuat rekor penampilan di Piala Dunia pria, dengan 26 pertandingan. Dia melakukan debut internasional seniornya pada tahun 2005, dan telah mencetak 97 gol dalam 172 pertandingan.

 

Messi, pemegang rekor Ballon d’Or tujuh kali, memimpin Argentina tahun lalu meraih gelar Copa America – trofi besar pertamanya bersama tim nasional seniornya.

 

Pada tahun 2016, setelah kekalahan beruntun di final Copa America, sang penyerang pensiun dari tugas internasional sebelum membatalkan keputusannya dua bulan kemudian.

“Kami akan melakukan yang terbaik, seperti yang sebelumnya sudah pernah kami lakukan sampai saat ini, sehingga sekarang pun betul – betul terjadi – kami benar-benar memenangkannya,” kata Messi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version