Piala Asia 2023: Kontroversi Serba – Serbi Timnas Indonesia

skorbolaindonesia Piala Asia

Skorbolaindonesia – 5 pemain Tim nasional Indonesia era pelatih Alfred Riedl yang pantas jadi unggulan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023 akan diulas di sini. Terhitung salah satunya ialah beberapa pemain veteran yang telah diandalkan pada gelaran Piala AFF 2022 kemarin.

 

Tim Garuda yakni panggilan Tim nasional Indonesia telah mengubah konsentrasi pada kompetisi yang semakin besar sesudah tidak berhasil di Piala AFF 2022. Mereka cuma capai semifinal sesudah disingkirkannya Vietnam dengan agregat 0-2.

 

Sekarang, Shin Tae-yong perlu berbenah dan ia mempunyai pilihan untuk mempercayakan lima pemain di bawah ini. Mereka awalnya pernah jadi unggulan di era Alfred Riedl pada Piala AFF 2016 dan sekarang dapat diperhitungkan untuk diundang kembali.

 

  1. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly sebagai salah satunya pemain utama Alfred Riedl di Piala AFF 2016. Ia selalu bermain dari laga pertama babak grup sampai putaran kedua final dengan mengumpulkan sebuah gol dan dua assist.

 

Pada musim ini, pemain berumur 33 tahun ini sudah kembali menunjukkan kegemilangannya untuk Borneo FC. Dari 16 kali bertanding di Liga 1 2022-2023, Lilipaly sukses mengumpulkan 4 gol dan lima assist.

 

  1. Teja Paku Alam

Teja Paku Alam diundang oleh Tim nasional Indonesia pada Piala AFF 2016. Walau tak pernah dimainkan, tetapi ia sebagai sisi dari tim bimbingan Alfred Riedl saat itu.

 

Walau Shin Tae-yong telah mempunyai Nadeo Argawinata pada sekarang ini. Tetapi, Teja Paku Alam dapat diperhitungkan untuk diundang sebagai lapisan penjaga gawang Bali United itu.

 

  1. Hansamu Yama

Hansamu Yama mainkan empat dari 7 pertandingan Tim nasional Indonesia di Piala AFF 2016 di bawah bimbingan Alfred Riedl. Dari ke-4 pertandingan itu, pemain kelahiran Mojokerto 16 Januari 1995 ini sukses cetak 2 gol.

 

Pada Piala AFF 2022 lalu, Hansamu Yama sebetulnya telah kembali diundang Shin Tae-yong. Tetapi, bek yang sekarang bela Persija Jakarta itu cuma tampil pada sebuah pertandingan, yakni saat menang 7-0 atas Brunei Darussalam.

 

  1. Evan Dimas

Evan Dimas sebagai nama usang di Tim nasional Indonesia. Ia telah mengumpulkan keseluruhan 43 caps bersama tim Garuda dengan 4 salah satunya dibuat saat bawa Tim nasional Indonesia ke final Piala AFF 2016 lalu.

 

Pada musim ini, pemain tengah berumur 27 tahun itu sudah menjadi lagi unggulan untuk Arema FC. Ia mainkan keseluruhan 14 laga di Liga 1 2022-2023 dengan mencatat sebuah gol dan satu assist.

 

  1. Fachruddin Aryanto

Fachruddin Aryanto sebagai nama usang di Tim nasional Indonesia. Ia telah mengumpulkan keseluruhan 53 caps dengan mencatat 4 gol untuk tim senior Garuda semenjak kiprah pada 2012 di bawah bimbingan Nil Maizar.

 

Pemain berumur 33 tahun ini cuma mangkir sekali dari 7 pertandingan di Piala AFF 2016 bersama Alfred Riedl. Ia juga masih diandalkan sampai Indonesia akhir kali tampil di Piala AFF 2022 kemarin.

 

Shin Tae-yong mempercayakannya dalam lima dari 6 pertandingan dimainkan Garuda di Piala AFF 2022. Di tingkat club, kapten Madura United ini sudah mencatat 11 performa di Liga 1 2022-2023.

 

Daftar Negara yang Kecewa Akan Lolosnya Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

 

Sebanyak 5 negara yang sedih Tim nasional Indonesia bisa lolos Piala Asia akan dibahas kali ini. Tim nasional Indonesia maju ke Kejuaraan Asia 2023 sesudah merampas status lima runner-up terbaik di set ke-3 kualifikasi. –Skor bola indonesia

 

Waktu itu, Tim nasional Indonesia menemani Yordania yang keluar sebagai Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Bila ditelisik lebih dalam, ada 5 negara yang sedih tim Garuda maju ke Piala Asia 2023 yang peluang diadakan pada Januari 2024. Lalu, siapa negara yang dimaksud?

Baca Juga : 

Berikut 5 negara yang kecewa Tim nasional Indonesia bisa lolos Piala Asia 2023:

 

5.Kuwait

Kuwait sebagai tuan-rumah Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Team yang waktu itu diatasi pelatih dari Republik Ceko, Vítezslav Lavicka, diprediksikan akan bisa lolos, ingat mereka dengan status sebagai tuan rumah.

 

Tetapi, di luar sangkaan Kuwait malah tampil kurang memberikan kepuasan. Mengakibatkan, Kuwait kalah 1-2 dari Tim nasional Indonesia dan roboh 0-3 dari Yordania. Kemenangan 4-1 atas Nepal tidak cukup menolong Kuwait untuk maju ke Piala Asia 2023. Karena kalah atas Tim nasional Indonesia tersebut, Kuwait tidak berhasil meluncur ke Piala Asia 2023. Walau sebenarnya, bila menang atas Tim nasional Indonesia, Kuwait ditegaskan bisa lolos.

 

  1. Nepal

Walau tidak diperkokoh beberapa pemain intinya seperti Rohit Chand di set ke-3 Kualifikasi Piala Asia 2023, Nepal masih tetap memasangkan sasaran tinggi, yaitu maju ke Piala Asia 2023. Tetapi, hasil yang didapatkan Nepal jauh dari keinginan.

 

Beruntun, Nepal dibantai Yordania 0-2, dibuat malu Kuwait 1-4 dan dihancurkan Tim nasional Indonesia dengan score 0-7. Kemenangan 7-0 atas Nepal membuat Tim nasional Indonesia maju ke Piala Asia 2023 dan ketika bertepatan khalayak Nepal sedih berat.

 

  1. Singapura

Singapura yang menggenggam empat Piala AFF, kenyataannya tidak pernah maju ke Piala Asia. Di set ke-3 Kualifikasi Piala Asia 2023, The Lions yakni julukan Singapura- kalah 1-2 dari Kirgizstan dan roboh 0-1 dari Tajikistan.

 

Walau menang 6-2 atas Myanmar di pertandingan terakhir kualifikasi, hasil itu belumlah cukup loloskan Singapura ke perputaran final. Saat tahu Tim nasional Indonesia pastikan tempat di Piala Asia 2023, Singapura ditanggung keki berat.

 

  1. Filipina

Filipina gantungkan nasib ke pertandingan Tim nasional Indonesia versus Nepal. Bila Tim nasional Indonesia kalah atas Nepal, The Azkals yakni julukan Filipina juga ditegaskan maju ke Piala Asia 2023 melalui lajur lima runner-up terbaik.

 

Sayang, Tim nasional Indonesia justru membantai Nepal 0-7! Mengakibatkan, walau finish ke-2 di Grup B Kualifikasi Piala Asia dengan koleksi empat angka, Filipina masih tetap tidak lolos karena tidak berhasil merampas status lima runner-up terbaik.

 

  1. Qatar

Media asal Qatar, Doha News, menyorot ketidakberhasilan Kuwait maju ke Piala Asia . Doha News menyebutkan kekalahan 2-1 Kuwait dari Tim nasional Indonesia yang mempercayakan sebagian besar pemain muda sangat menyebalkan.

 

“Ketidakberhasilan maju ke Piala Dunia 2022 sudah diprediksikan. Tetapi, tidak lolos ke Piala Asia, khususnya kekalahan di kandang sendiri dari team muda Indonesia sangat menyebalkan,” catat Doha News dalam artikel yang mereka bikin.

 

Qatar akan dengan status tuan rumah Piala Asia. Menarik menunggu aksi Tim nasional Indonesia di Piala Asia .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version