Shin Tae-yong Puji Pemain Naturalisasi di Piala AFF 2022

skorbolaindonesia

SKORBOLAINDONESIA : Shin Tae-yong, yakni pelatih Timnas Indonesia telah memberi pujian bagi ketiga pemain naturalisasi yaitu Ilija Spasojevic, Marc Klok,  dan Jordi Amat sebab sudah membantu skuad Garuda berhasil memetik sebuah kemenangan perdana di ajang Piala AFF 2022.

 

Seperti yang kita ketahui bahwa pasukan Merah Putih baru saja menaklukkan Kamboja dengan skor tipis yaitu 2-1 dalam sebuah laga penyisihan Grup A yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta pada hari Jumat, 23 Desember 2022 malam WIB

 

Dua gol tersebut juga milik kubu Tanah Air yang telah dilesakkan oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke 7 serta Witan Sulaeman pada menit ke 35. Tak hanya itu, satu angka hiburan bagi Tim Angkor Warriors juga telah bersumber dari sebuah sumbangsih Sareth Kriya pada menit ke 15.

Baca Juga: Pertandingan Liga 1 : Prediksi Skor Dewa United vs Persebaya

Jordi Amat serta Marc Klok juga telah dipercaya untuk turun sebagai starter saat Indonesia telah menang atas Kamboja dalam sebuah kompetisi sepak bola pada level Asia Tenggara. Posisi keduanya juga sama sekali tak tergeserkan sampai dengan wasit meniupkan sebuah peluit panjang.

 

Ada juga Spasojevic yang baru diturunkan oleh pelatih Shin Tae-yong pada awal babak kedua. Dan mesin pencetak gol Bali United tersebut juga bertugas untuk menggantikan Muhammad Rafli yang telah ditarik keluar lapangan pada menit ke 46.

 

Pasca laga perdana penyisihan grup Piala AFF 2022 tersebut, juri taktik asal Negeri Ginseng tersebut justru langsung memberi sebuah penilaian tentang performa dari ketiga pemain tersebut. Dan menurutnya, Amat, Klok serta Spaso juga telah tampil dengan cukup baik walaupun masih mempunyai beberapa keuntungan.

 

Shin Tae-yong juga menjelaskan bahwa penilaian terhadap pemain naturalisasi tersebut baik. Namun, hal ini merupakan sebuah pertandingan pertama. Dan telah lama tak ada pertandingan di Indonesia sebelum – sebelumnya. Dan tak ada juga laga uji coba saat menghadapi turnamen ini. Oleh Sebab itu para pemain Timnas Indonesia juga mempunyai kekurangan, namun mereka tetap berterima kasih sebab telah bertanding dengan cukup baik.

 

Spaso dan Jordi

Secara detailnya, Shin Tae-yong juga telah menyoroti performa dari Jordi Amat serta Ilija Spasojevic. Juru taktik asal Negeri Ginseng tersebut juga telah mengaku puas dengan pemain naturalisasi barunya tersebut. Tak hanya itu, untuk Spaso juga dirinya telah menyebut masih ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki.

 

Shin Tae-yong juga berucap bahwa untuk Jordi memang sangat baik serta dirinya juga puas dengan sebuah performa Jordi sebagai defender. Spaso juga telah lama tak bermain. Memang memiliki kekurangan juga namun performanya akan menjadi semakin baik. Bahkan Spaspo juga telah mencetak gol paling banyak dalam liga, jadi pelatih tersebut juga percaya saja untuk kedepannya pemainnya tersebut akan lebih baik lagi.

 

Profil Pemain Naturalisasi Indonesia

 

  • Jordi Amat

Jordi Amat adalah kelahiran Canet de Mar, Spanyol pada tanggal 21 Maret 1992 dan mempunyai pengalaman dalam berlaga di kompetisi teratas liga Spanyol. Jordi Amat sendiri mempunyai darah Indonesia dari neneknya yang lahir di Makassar. Dan sebelumnya, sang bek tersebut juga pernah memperkuat Timnas Spanyol pada level U17, U18 hingga U21. Dengan memiliki pengalaman yang luar biasa di Eropa, maka Amat menjadi kunci vital bagi lini belakang Timnas Indonesia.

 

  • Marc Klok

Marc Klok lahir di Amsterdam , 20 April 1993. Di Indonesia sendiri Marc Klok telah memperkuat 3 klub raksasa. Yakni PSM Makassar tahun 2017 – 2019, Persija Jakarta 2020-2021 dan baru baru ini adalah Persib Bandung. Visi dalam bermainnya yang cukup tajam sangat dibutuhkan oleh Timnas Indonesia yang juga mengincar pada gelar perdana kejuaraan AFF.

 

  • Spasojevic

Ilija Spasojevic sekarang ini telah berusia 35 tahun. Pemain kelahiran Bar, Montenegro pada tanggal 11 September 1987 tersebut telah memperoleh kewarganegaraan Indonesia pada tahun 2017. Dirinya juga mempunyai debut cukup istimewa bersama Garuda, yaitu berhasil mencetak brace sebanyak 2 gol saat Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Guyana 2-1 pada bulan November 2017.

 

Kemarahan Shin Tae-yong

 

Sebelumnya, Shin Tae-yong yakni pelatih Timnas Indonesia tersebut sempat mengaku marah kepada para pemainnya. Dirinya juga kecewa terhadap suatu performa dari skuad Garuda dalam duel pembuka Piala AFF 2022.

 

Dan juru taktik asal Korea Selatan tersebut juga telah menilai pemain Fachruddin Aryanto serta kawan – kawan belum bisa tampil secara maksimal ketika saat melawan Kamboja. Padahal, pasukan Merah Putih tersebut sejatinya memiliki banyak sekali kesempatan untuk bisa memperlebar keunggulan.

 

Shin Tae-yong juga berterima kasih kepada Timnas Indonesia sebab dapat memperoleh sebuah kemenangan. Dirinya juga mengaku hal yang membuatnya marah adalah karena bagi dirinya mereka tak dapat menunjukkan permainan yang seru kepada fans, tutur Shin Tae-yong.

 

Untuk Skuad Garuda sendiri dapat lebih banyak mencetak gol, namun kenyataannya tidak. Jadi hal tersebut yang membuat saya marah.

 

Jadwal Pertandingan

 

Setelah berhadapan dengan Kamboja dalam laga perdana penyisihan Grup A di ajang Piala AFF, Timnas Indonesia juga telah dijadwalkan melakoni duel dengan tiga negara lainnya yaitu Thailand, Filipina dan Brunei Darussalam.

 

Senin, 26 Des 2022

  • Brunei Darussalam vs Indonesia (17.00 WIB)

 

Kamis, 29 Des 2022

  • Indonesia vs Thailand (16.30 WIB)

 

Senin, 2 Januari 2023

  • Filipina vs Indonesia (19.30 WIB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version